Profil

Sejarah Singkat Madrasah Tsanawiyah Aswaja Kota Pontianak

Madrasah Tsanawiyah Ahlus Sunnah Wal Jamaah atau disingkat MTs ASWAJA berdiri pada tanggal 14 Mei 1987, berlokasi di jalan Husein Hamzah Kelurahan Pal Lima Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak. Berdirinya madrasah ini dilatarbelakangi dari pemberian tanah waqaf demi kepentingan kemaslahatan umat Islam khususnya pengembangan Ahlus Sunnah Wal Jamaah.

Setelah berdirinya MTs ASWAJA diperlukan badan hukum yang dapat menaungi Madrasah Tsanawiyah tersebut. Maka dipilihlah badan hukum berupa Yayasan yang kemudian juga diberi nama Yayasan ASWAJA yang diketuai oleh Bapak H. Munawar Kalahan. Untuk kelancaran proses belajar mengajar, maka Yayasan ASWAJA menetapkan Bapak Drs. A. Hakim Shaleh menjadi Kepala Madrasah Tsanawiyah Aswaja pada tahun 1987/1988 yang saat itu proses belajar mengajar dilaksanakan pada sore hari.

Saat ini Yayasan Aswaja berubah status menjadi Lembaga Pendidikan Islam Aswaja. Adapun Ketuanya adalah Bapak H. Sy. Abdullah Alwi, pada Februari 2013, beliau berpulang ke rahmatullah, selanjutnya estafet kepemimpinan lembaga dipegang oleh Sekretaris lembaga yaitu Bapak Drs. H. A. Hakim Saleh.Dibawah kepemimpinan beliau Lembaga Pendidikan Islam Aswaja berubah status lagi menjadi Pekumpulan Aswaja Pontianak. Hingga saat ini sudah terjadi 7 kali pergantian kepala madrasah dan sejak januari 2019 hingga sekarang MTs ASWAJA dipimpin oleh Masykur, S. Pd. I. Yang merupakan lulusan aswaja tahun 1995 dan menjadi alumni pertama yang menjadi kepala MTs. ASWAJA.

Identitas Sekolah

  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) : 30112471
  • Nomor Statistik Madrasah (NSM) : 121261710006
  • Tahun Beroperasi : 1987
  • Status Akreditasi Madrasah : Akreditasi B (19 Oktober 2016)
  • Piagam Pendirian : No. D/Wn/MTs/0056/92
  • SK Kemenkumham : No. AHU-0081691.AH.01.07/2016
  • Alamat Lengkap Sekolah : Jalan Husein Hamzah, Kelurahan Paal Lima, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat

Visi

Terwujudnya Generasi Muslim Yang Bertaqwa, Mandiri Dan Cinta Tanah Air

Misi

  1. Mengembangkan Lingkungan Madrasah Yang Bersih, Indah Dan Nyaman
  2. Melakukan Pembiasaan Diri Dalam Pengamalan Ajaran Islam
  3. Melaksanakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien Untuk Mencapai Prestasi Terbaik
  4. Melengkapi Sarana Dan Prasana Pendidikan Yang Diperlukan
  5. Mengoptimalkan Kegiatan Pengembangan Diri Untuk Menumbuhkan Kemandirian Dan Cinta Tanah Air
  6. Menggalang Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Madrasah Baik Fisik Maupun Non Fisik

Tujuan

  • Mampu menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman
  • Terbentuknya kultur madrasah yang membiasakan perilaku Islami
  • Mampu menjadi madrasah berprestasi
  • Mampu mengembangkan kurikulum yang diberlakukan secara kreatif
  • Mampu mengembangkan kemampuan dan kinerja tependik
  • Mampu menciptakan inovasi pembelajaran sehingga KBM berjalan efektif dan efisien
  • Mampu meningkatkan perolehan nilai di atas standar kelulusan
  • Lulusan dapat melanjutkan pada sekolah favorit dan berkualitas
  • Terciptanya budaya baca yang semakin meningkat

Budaya dan Lingkungan

  • Setiap Hari Senin, Rabu, Kamis diadakan tadarus Quran sebelum memulai proses belajar mengajar dengan teknik setiap jenjang kelas membaca ayat yang berbeda dan diganti setiap semester
  • Setiap Selasa dan Jumat diadakan zikir bersama sebelum memulai proses belajar mengajar
  • Setiap Sabtu pagi :
    • Senam Pagi
    • Bimbingan Keagamaan / Kemuslimahan
  • Membudayakan lantunan sholawat, khususnya sholat nariyah dan zikir-zikir lainnya
  • Pelaksanaan sholat zuhur berjamaah setiap Senin sampai dengan Kamis
  • Pembinaan dan pengembangan diri siswa dalam bentuk :
    • Upacara Senin
    • Upacara peringatan hari besar nasional
    • Peringatan Hari Besar Islam
  • Pengembangan diri dengan kegiatan ekstra kurikuler (Pramuka, Puisi, Tari, Qasidah dan Olahraga Prestasi)

Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan

  • Keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan madrasah diantaranya:
  • Dengan melibatkan orang tua/wali dalam mempersiapkan pelaksanaan ujian yang diawali dengan pelaksanaan bimbingan belajar, selanjutnya berkoordinasi mengenai persiapan ujian baik ujian madrasah, ujian sekolah maupun ujian nasional
  • Mengadakan pertemuan dengan orang tua/wali siswa berkaitan dengan sosialisasi tata tertib madrasah, hak dan kewajiban serta mengupayakan secara maksimal bimbingan, kontrol dan pengawasan terhadap peserta didik
  • Mengadakan pertemuan berkaitan dengan iuran madrasah, adanya bantuan dan sebagainya
  • Silaturrahmi rutin untuk peserta didik baru pada setiap awal tahun pelajaran baru
  • Dalam menjalin kemitraan dengan berbagai institusi, beberapa kerjasama dalam bentuk partisipasi maupun koordinasi dilakukan kepada:
  • Instansi induk yaitu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat dan Kementerian Agama Kota Pontianak
  • Institusi/Lembaga baik yang terkait langsung maupun tidak
  • Kerjasama dengan media cetak seperti Majalah Harmoni Kementerian Agama, Harian AP Post, Harian Borneo Tribune, Harian Berkat dan sebagainya
  • Pengurus Masjid Al-Mukminin
  • Puskesmas Pal Lima dan Kepolisian Sektor Barat
  • Potensi lingkungan Madrasah yang diharapkan mendukung program Madrasah:
  • Input siswa yang semakin baik dari tahun ke tahun
  • Kesadaran akan pentingnya pendidikan oleh orang tua/masyarakat
  • Kedisiplinan warga madrasah dan rasa memiliki serta untuk berprestasi yang semakin baik
  • Kegiatan PBM yang semakin baik
  • Peningkatan penggunaan IT sebagai media pembelajaran
  • Peningkatan profesionalitas SDM Madrasah
  • Peningkatan sarana dan prasarana serta layanan yang baik
  • Kerjasama yang baik antara madrasah, komite, orang tua dan masyarakat sekitar madrasah
  • Kesejahteraan seluruh warga khususnya dewan guru
  • Dukungan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama yang semakin baik